Skip links

Dosen Unimed Gunakan Fermentasi Buah Nanas untuk Tingkatkan Aroma dan Cita Rasa Kopi

Tim Dosen Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan pengabdian kemitraan masyarakat dalam meningkatkan aroma dan cita rasa kopi pada mitra Pucako Roastery yang bertempat di Kelurahan Medan Amplas pada tanggal 27 Mei 2024. Adapun Tim Dosen yang melakukan PKM ini diketuai oleh Prof. Dr. M. Yusuf, M.Si., dengan anggota Rudi Munzirwan Siregar, M.Si., Rizal Mukra, M.Pd., Rabiah Afifah Daulay, M.Pd., dan Dr. Widya Andayani, M.Hum.

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu mitra dalam meningkatkan aroma dan cita rasa kopi dengan menggunakan proses fermentasi. Adapun bahan fermentasi yang digunakan berasal dari bubur buah nanas.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua Tim PKM Prof. Dr. Muhammad Yusuf, S.Si., M.Si. selaku Ketua tim. Selanjutnya Prof. M. Yusuf menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan mitra untuk meningkatkan cita rasa kopi, yakni dengan melakukan analisis kimia pada bahan baku kopi seperti uji keasaman, kadar garam, kadar gula, dan densitas.

Setelah Ketua Tim selanjutnya masing-masing anggota memberikan penjelasan lebih lanjut dalam meningkatkan aroma dan cita rasa kopi. Rabiah Afifah Daulay, S.Pd., M.Pd., memberikan penjelasan tentang kualitas cita rasa kopi dengan melakukan analisis kimia pada bahan baku kopi seperti uji kadar air, dan kadar abu. Rudi Munzirwan Siregar, S.Si., M.Si dan Rizal Mukra, M.Pd., memberikan edukasi tentang proses fermentasi kopi menggunakan bahan dasar buah – buahan untuk meningkatkan aroma dan cita rasa kopi serta mempercepat proses pengeringan. Selanjutnya Dr. Widya Andayani, S.S., M.Hum., menjelaskan tentang desain iklan usaha Pucako Roastery Ceffe yang lebih baik di media sosial dan media cetak sehingga lebih dikenal masyarakat.

Untuk memastikan program kemitraan ini berlangsung dengan sukses Tim PKM juga  menyerahkan peralatan IPTEK berupa 2 paket alat fermentation tank, pH indikitor universal, dan beberapa botol hasil fermentasi dari buah nanas. Bahan dan peralatan ini diharapkan dapat digunakan oleh mitra dalam meningkatkan mutu aroma dan cita rasa kopi dengan menggunakan proses fermentasi pada usaha Pucako Roastery.

Pemilik usaha Pucako Roastery Baginda Mashuri Nasution, mengucapkan rasa terimakasih kepada Unimed, khususnya tim PKM yang telah berbagi pengetahuan dan paket alat fermentasi. Pemilik usaha berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan mutu aroma dan cita rasa kopi usaha Pucako Roastery sehingga dapat membantu menaikkan pendapatannya. (Humas Unimed/zr)