Skip links

Tim PKM Unimed Perkenalkan Teknologi Self Watering System Untuk Budidaya Tanaman Hias Secara Indoor

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan melaksanakan  kegiatan pendamping kepada mitra Masyarakat. Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah membantu mitra yaitu start up yang bergerak di bidang hilirisasi produk bioteknologi yaitu PT. G10 Agrotech dalam menuntaskan masalah yang dihadapinya yaitu masalah mandeknya pemasaran tanaman hias yang dihasilkan oleh laboratorium G10. G10 Agrotech ini merupakan mitra DUDI Universitas Negeri Medan yang terletak di Jalan Sei Bahorok 47F Kelurahah Babura Kecamatan Medan Baru Kota Medan

Dalam upaya mengembangkan usaha ini mitra ingin dibantu dalam teknologi yang bisa mengatasi mandeknya pemasaran tanaman hias, standarisasi produk untuk memperluas pasar yang sudah terbangun selama ini, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih lagi dari konsumen dan dikembangkan lebih lanjut menjadi produk unggulan dari start up ini. Teknologi self watering system dipercaya sebagai solusi dari masalah yang dihadapi mitra.

Teknologi ini adalah teknologi dimana tanaman hias dapat dibudidayakan secara indoor dengan system pengairan otomatis. Teknologi ini mengandalkan daya kapilaritas air yang dihubungkan ke media tanam melalui sumbu.Teknologi ini memungkinkan agar tanaman hias dapat ditanam secara indoor tanpa perlu penyiraman. Teknologi ini dapat mengatasi masalah lahan perkotaan dimana masyarakat sekarang sudah tidak memiliki lagi lahan dan halaman yang memadai.

Teknologi ini merupakan solusi untuk dapat meningkatkan omset pejualan sehingga usaha ini berkembang dan membuka lapangan pekerjaan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegitan PKM ini adalah metode pendidikan dan pelatihan alih teknologi self-watering system serta pendampingan dalam produksi alat dan bahan untuk pengembangan self-watering system. Kegiatan PKM yang dilakukan antara lain; Memberikan pendidikan dan pelatihan langsung dari pihak terkait. Memberikan pendampingan dalam produksi alat dan bahan untuk pengembangan self-watering system. Diharapkan dengan adanya program PKM ini akan dihasilkan produk unggulan yang terstandarisasi yang dapat.

Adapun Tim pelaksana kegiatan program Kemitraan Masyarakat yang berjudul Pendampingan Penerapan Teknologi Self Watering System Untuk Tanaman Hias Indoor ini diketuai oleh Dr. Diky Setya Diningrat dosen Biologi FMIPA ini melibatkan berbagai disiplin ilmu, yaitu dosen Fakultas Teknik Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd. dan Bagoes Maulana, S.Kom., M.Kom., dosen matematika FMIPA Prof. Dr. Asmin, M.Pd. dan Dosen Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu keolahragaan Prof. Dr. dr. Novita Sari Harahap yang telah memiliki pengalaman pengabdian kepada masyarakat dengan teknologi tepat guna. Hal ini ditujukan untuk membantu kelompok masyarakat mitra. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2024. Dalam kegiatan ini selain melibatkan mitra juga melibatkan mahasiswa dari prodi Biologi, Pendidikan Biologi dan Pendidikan IPA.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://simpek-bbgpjabar.kemdikbud.go.id/daftar/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/