Skip links

Mahasiswa Jurusan PTB FT Unimed Menggelar Kunjungan Lapangan Konstruksi Bambu

Program Studi Teknik Sipil dan Arsitektur pada Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT Unimed mengadakan kuliah kunjungan lapangan dengan topik Pembelajaran konstruksi bambu, yang diselenggarakan di Orangutan Haven pada tanggal 13 dan 21 Mei 2024.

Kegiatan pelepasan mahasiswa ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik (FT) Prof. Dr. Dina Ampera. M.Si, Wakil Dekan III Dr. Ernesto Silitonga, ST, DEA, Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Dr. Sarwa, MT, , dan para Dosen pengampu Matakuliah Konstruksi Bangunan (Teknik Sipil) dan Struktur dan Konstruksi Dasar (Arsitektur) serta 129 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT Unimed.

Pada acara pelepasan Dekan FT Prof. Dr. Dina Ampera. M.Si, mendukung penuh kegiatan kunjungan lapangan ini, Prof. Dina Ampera menyampaikan bahwa pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas tetapi juga di luar kelas seperti halnya kuliah lapangan ini. “Dengan kuliah lapangan ini mahasiswa dapat mempelajari hal-hal yang baru yang tidak dapat diperoleh di kampus, terutama mengenai konstruksi menggunakan bambu. Mahasiswa Jurusan PTB yang nantinya ketika mereka tamat harus memiliki banyak pengetahuan mengenai konstruksi, dengan banyaknya ilmu yang baru lulusan PTB khususnya mahasiswa prodi teknik sipil dan arsitektur dapat bersaing di dunia kerja dan dunia insustri mereka dapat menghasilkan ide-ide yang menarik dan kreatif. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep dan pemahaman baru mengenai pemanfaatan material bambu dalam membuat bangunan untuk menjaga keberlangsungan lingkungan,” ungkap Prof. Dina Ampera.

Acara ini didampingi oleh beberapa dosen pendamping, yaitu Irma Novrianty Nst., S.T., M.Ds., Mirzal Yacub, S.T., M.Sc., dan Ir. Meuthia Fadila, M.Eng.Sc. Kegiatan ini juga diisi oleh Empat Edukator Haven, sebagai narasumber di bidang lingkungan hidup dan konstruksi bambu.

Adapun agenda para mahasiswa saat berada di lokasi kegiatan adalah pembelajaran terkait dengan lingkungan adalah: pelestarian/kesejahteraan satwa, Eco Farming dan refleksi penulisan komitmen terhadap dukungan pelestarian lingkungan hidup. Sedangakan terkait dengan pemahaman konstruksi (bambu) adalah amatan yang dilakukan pada perbengkelan bambu untuk melihat proses produksi bambu mental menjadi produk konstruksi, gudang bambu untuk melihat proses penyimpanan dan pengawetan bambu dan jembatan bambu untuk melihat hasil akhir dari semua proses sebelumnya hingga menjadi bangunan yang utuh.

Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan Dekan Fakultas Teknik (FT) Prof. Dr. Dina Ampera. M.Si, Wakil Dekan III Dr. Ernesto Maringan Ramot Silitonga, S.T., DEA., dan Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Dr. Sarwa, M.T. sebagai bentuk dukungan. Lebih lanjut, kunjungan lapangan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan pembelajaran langsung kepada mahasiswa terkait pemanfaatan material (khususnya bambu) yang lebih ramah lingkungan demi menjaga kelestariannya.(Humas Unimed/zr)