Skip links

Diklat Kebhinekaan Global Memperkuat Wawasan Kearifan Lokal dan Khazanah Budaya Bangsa

PPG Universitas Negeri Medan menggelar kegiatan Diklat Kebhinekaan Global untuk Dosen PPG Prajabatan gelombang I semester I tahun 2024. Diklat tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024 di Hotel Karibia Medan.

Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Abil Mansur, M.Si, Wakil Ketua PPG Prof. Dr. Fajar Apolo Sinaga, M.Si., Apt, Koordinator PPG Tiur Malasari, S.Pd., M.Si, Narasumber Arief Wahyudi.S.H,. M.H, Dr. Deny Setiawan, M.Si, Dr. Rahmat Husein, M.Ed, serta Dosen dilingkungan Unimed.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor I Bidang Akademik Unimed Dr. Abil Mansur, M.Si, memberikan sambutan sekaligus membuka acara diklat tersebut, pada pengarahannya menyampaikan bahwa sebagai calon guru harus memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai budaya, kultur, untuk peserta didik yang beraneka ragam, oleh karena itu beliau memberikan arahan agar seluruh dosen mengikuti kegiatan diklat ini secara maksimal, agar dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang wawasan kebinekaan kepada mahasiswa ppg prajabatan nanti, agar calon pendidik dapat memahami perbedaan dalam kehidupan secara menyeluruh hingga lingkup global bukan sekadar keberagaman antar suku. Tidak hanya itu, Wawasan Kebhinekaan Global akan memperkuat wawasan kearifan lokal dan khazanah budaya bangsa yang harus terus lestari,” tuturnya.

Memasuki era globalisasi, pemahaman akan keberagaman kultural dan perubahan global menjadi kunci penting bagi pendidik masa depan. “Diklat Kebhinekaan Global ini tidak hanya menjadi landasan bagi calon guru untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang keberagaman budaya di dalam dan luar negeri, tetapi membekali dengan keterampilan berinteraksi secara positif dalam lingkungan multikultural,” ungkap Koordinator PPG Unimed Tiur Malasari, M.Si.
Peserta yang mengikuti kegiatan diklat ini sebanyak 110 orang yang terdiri dari Dosen dilingkungan Unimed. (Humas Unimed/js)