Skip links

Prodi Gizi Pend.Tata Boga Mendapat Bantuan Tepung Terigu 800 Kg dari PT Interflour Indonesia

Pada tanggal 1 november 2022, telah dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara PT Interflour Indonesia dengan Universitas Negeri Medan. Perusahaan tersebut berdiri sejak tahun 1972, bergerak dalam industri pengolahan biji gandum menjadi tepung terigu.  PT Interflour Indonesia. telah berkembang menjadi salah satu produsen tepung terigu terkemuka di Indonesia dengan produk-produk yang tersebar di seluruh Nusantara. Beberapa produk tepung terigu yang beredar dipasaran seperti Gerbang Jingga dengan protein tinggi, Kompas, Gatot kaca, serdadu biru dan lainnya.

Pada tanggal 1 Agustus 2023, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PK). PK yang disepakati diantaranya PT Interflour Indonesia mendukung terlaksananya kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Salah satu bentuk implementasi dari perjanjian kerjasama maka pada hari selasa tanggal 23 Januari 2024, prodi Gizi dan prodi Pendidikan Tata Boga mendapat bantuan tepung terigu dari PT Interflour Indonesia. Pemberian produk tepung ini sebagai salah satu bentuk dukungan PT Interflour Indonesia dibidang pendidikan. Bantuan tepung tersebut digunakan untuk mendukung proses pembelajaran pada prodi Gizi dan Prodi Pendidikan Tata Boga, demikian yang dijelaskan bapak Agus Kurniawan.

Penyerahan tepung terigu ini di hadiri oleh perwakilan dari PT. Interflour Indonesia dan perwakilan dari Unimed. PT Interflour Indonesia dihadiri bapak Agus Kurniawan sebagai Regional Sales Manager Sumatera, bapak Subhan Harahap Technical Development – TCD Northern Sumatera. Dihadiri juga oleh dekan Fakultas Teknik Unimed, Prof. Dr. Harun Sitompul, MPd, Ibu Dr. Phil. Suci Pujiastuti, SPd, MA staf ahli WR IV, Bapak Dr. Zulkifli Matondang, MSi sebagai Wakil Dekan bidang Akademik, Ketua prodi Gizi dan Pendidikan Tata Boga, dosen Gizi beserta mahasiswa dan dosen Pendidikan Tata Boga beserta mahasiswa. Dalam kata sambutannya, Bapak Prof. Dr. Harun Sitompul menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada perwakilan PT Interflour Indonesia karena baru pertama kali prodi Gizi dan prodi Pendidikan Tata Boga menerima bantuan seperti ini. Semoga Kerjasama ini dapat di kembangkan seperti magang dosen dan mahasiswa di PT Interflour Indonesia.

Tepung terigu yang diterima oleh prodi Gizi dan Prodi Pendidikan Tata Boga sebanyak 800 kg selama 2 tahun yang akan diberikan setiap semester. Jenis tepung yang akan diberikan terdiri dari 3 jenis yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang dan protein rendah, demikian yang dijelaskan ketua prodi Gizi. Tepung terigu yang diterima akan digunakan dalam pembelajaran pada prodi gizi dan Pendidikan tata boga pada mata kuliah praktek pengolahan makanan  menggunakan tepung seperti  mata kuliah teknologi pangan, percobaan makanan, kuliner dasar, kuliner dan gizi, kuliner oriental dan continental, bakery pastry, kue Indonesia dan lainnya.

Selain penyerahan tepung, dilaksanakan kegiatan Guest Lecture Interflour Indonesia di Universitas Negeri Medan. Pada kegiatan ini, sebagai narasumber bapak Subhan memperkenalkan cara pengolahan tepung terigu menjadi berbagai olahan roti dan brownies.

Dosen dan mahasiswa merasa senang mendapat pengalaman berharga dalam mengolah tepung terigu menjadi berbagai produk roti dan cake. Semoga kegiatan Kerjasama dalam bentuk lain dapat diwujudkan, terimakasih PT Interflour Indonesia.(Humas Unimed)