Skip links

Pencanangan Zona Integritas FIP Unimed menuju WBK dan WBBM

Dorong peningkatan layanan publik di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Medan, Sivitas Akademika FIP Unimed melaksanakan Pencanangan dan Penandatanganan pakta integritas dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Aula FIP Lt. III pada Kamis, (07/12/2023).

Adapun yang melakukan penandatangan pakta integritas dalam acara pencanangan ZI dilakukan oleh Dekan FIP, Wakil Dekan, Kajur, Kaprodi, Ka. Lab, GPM, Dosen Fungsionaris dan tendik FIP Unimed, dan disaksikan oleh Ketua Reformasi Birokrasi Internal (RBI) Unimed Prof. Dr. Muhammad Yusuf, S.Si., M.Si, Stakeholder, Alumni FIP Unimed dan pengguna lulusan. Penandatangan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen dan keseriusan pimpinan dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan FIP Unimed.

Penandatanganan pakta integritas ini merupakan wujud keseriusan dari pimpinan Unimed untuk meningkatkan kualitas semua layanan di kampus, sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2012 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintah, yang targetnya adalah tiga sasaran hasil utama yaitu: peningkatan kapasitas akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Dekan FIP Unimed Prof. Dr. Yusnadi, MS. menyampaikan Kegiatan ini sebagai bukti dan kesungguhan kita, seluruh pimpinan dan warga FIP UNIMED dalam Pembangunan Zona Integritas untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari pemerintah, melalui KEMENPANRB dan KEMDIKBUDRISTEK RI. Kita pimpinan Unimed telah berkomitmen dan menetapkan semua prodi di FIP Unimed dalam pembangunan Zona Integritas, karena Kemendikbudristek telah menetapkan semua fakultas harus kita persiapkan dalam pembangunan zona integritas. Kegiatan yang kita laksanakan ini menjadi langkah lanjutan dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi di UNIMED. Kegiatan yang kita laksanakan ini melibatkan berbagai pihak, baik dari internal dan eksternal, sebagai wujud kesungguhan komitmen dan keseriusan kita dalam pembangunan Zona Integritas semua fakultas dan pascasarjana dalam meraih predikat WBK dan WBBM dari pemerintah.

Perlu saya disampaikan kepada kita semua, bahwa kami pimpinan berkomitmen untuk terus memperbaiki dan berinovasi dalam meningkatkan semua bentuk layanan yang ada di internal Unimed. Hal ini kita lakukan agar semua warga FIP Unimed, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, serta seluruh masyarakat dapat menerima semua layanan terbaik di FIP Unimed, baik kemudahan akses layanan, memberikan layanan yang mudah, ramah, mudah dan terbuka.

Dalam sambutannya, Ketua RBI Prof. Dr. Muhammad Yusuf, S.Si., M.Si. menyampaikan Kegiatan pencanangan ZI FIP UNIMED ini merupakan amanat DIKTIRISTEK yang tertuang pada surat No. 0754/E/OT.01.00/20023 tanggal 24 Agustus 2023. Ada dua komponen dalam pembangunan ZI yaitu Pertama, Pemerintahan yang Bersih dan Akuntabel dan pelayanan public yang prima dimana didalamnya berisi komponen persepsi anti korupsi, capaian kinerja, dan survey persepsi pelayanan publik. Kedua, Komponen pengungkit ZI yang berisi 6 area yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Sementara Ketua ZI FIP Unimed, Fauzi Kurniawan, S.Psi., M.Psi. menyampaikan ke depan telah ada unit kerja di Unimed yang dapat memperoleh ZI WBK setelah melakukan pembangunan ZI ini. Adapun rencana kerja yang akan dilakukan adalah 1 tahun pembangunan untuk memperoleh ZI WBK dari Internal kemendikbud. Tahun ke-2 mendapat ZI WBK dari kemen PAN RB. Upaya yang akan dilakukan RBI ZI Unimed antara lain bimtek FGD 6 area, benchmarking ke instansi yang telah mendapatkan ZI WBK, dan melakukan sosialisasi di lingkungan Unimed.#reformasibirokrasi #zonaintegritas (Humas Unimed/eo)