Skip links

Hadapi Kecerdasan Emosional dan Kesehatan Mental Kalangan Gen-Z di Era Digital, Unimed Gelar SEMBISWIRA

Universitas Negeri Medan  telah menyelenggarakannya kegiatan seminar bisnis dan wirausaha 2023 (SEMBISWIRA) dengan tema “Kecerdasan Emosional dan Kesehatan Mental Kalangan Gen-Z di Era Digital”. Pada Selasa tanggal 28 November 2023 di Gedung Digilib lantai IV.

Kegiatan SEMBISWIRA dilaksanakan sebagai luaran tugas project mahasiswa pada kolaborasi 2 mata kuliah di 2 jurusan yaitu Mata Kuliah Perilaku Organisasi (Semester 5) yang diampu oleh  Lenti Susanna Saragih, S.Pd., M.Si dan Bapak Danny Ajar Baskoro, M.Si dari prodi Pendidikan Bisnis, Jurusan Ekonomi dan Mata Kuliah SDM dan Organisasi (Semester 3) yang diampu oleh Ibu Sabda Dian Nurani Siahaan, S.Pd., MBA dan Ibu Aprinawati, SE., MM dari prodi Kewirausahaan Jurusan Manajemen.

Kegiatan ini dibuka Dekan Fakultas Ekonomi yang diwakilkan oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Dr. Eko Wahyu Nugrahadi, M.Si. Dalam sambutannya Bapak menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia atas ide project yang dijalankan oleh mahasiswa. Beliau juga menyampaikan bahwa generasi gen Z merupakan generasi yang sangat rentan terkena depresi akibat dari perkembangan teknologi yang tidak dibarengi dengan kecerasan emosional, maka dari itu penting sekali untuk memperdalam pengetahuan mengenai kesehatan mental dan kecerdasan emosional untuk memproteksi diri dari tindakan yang merugikan.

Pada kegiatan ini turut hadir  Ketua Jurusan Ekonomi  Dr. Ainul Mardhiyah, SP., M.Si, Kaprodi Pendidikan Bisnis, Novita Indah Hasibuan, M. Pd., Kaprodi Bisnis Digital  Dr. Haryadi, S. Kom., M. Kom, Kaprodi Akuntansi Taufik Hidayat, SE., M.Si, dan Kaprodi Administrasi Perkantoran  Nelly Armayanti, SP., MSP.

Dalam sambutannya Lenti Susanna Saragih, S.Pd. yang mewakili dosen pengampu matakuliah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yakni project based learning, dan merupakan aplikasi dari pencapaian Indikator Kinerja Utama yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya pada IKU 2 (pengalaman diluar kampus), IKU 4 (praktisi mengajar di kampus) dan IKU 7 (Kelas yang kolaboratif dan partisipatif).

Tema kegiatan ini dilatarbelakangi oleh maraknya gangguan kesehatan mental pada generasi muda saat ini, dimana generasi muda mudah mengambil jalan pintas (bunuh diri) ketika menghadapi masalah, sehingga dalam hal ini sebagai calon pendidik dan pengusaha sudah saatnya mahasiswa dibekali dengan hal-hal yang berhubungan dengan kecerdasan emosional dan kesehatan mental. Kegiatan seminar ini mengundang 2 pembicara dari praktisi yaitu dr.Anastasia Venny Fransiska Sipayung,M.Ked (KJ),Sp.KJ (dokter) dan Ibu Dhebby Edriany,M.Psi (psikolog).

Jumlah peserta dalam kegiatan SEMBISWIRA ini berjumlah 250 orang yang berasal dari berbagai Fakultas di UNIMED dan kampus lain di sekitar UNIMED.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/