Skip links

Prodi Pend. Profesi Insinyur FT Unimed Jalin Kerjasama dengan Instansi Pemkab/Kota Provinsi Sumatera Utara

Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan mengadakan kerjasama dan sosialisasi dengan lima Instansi Pemerintah Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sematera Utara yang berlangsung selama empat hari pada tanggal 14-17 November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul M. Pd dan Wakil Dekan II Prof. Dr. Ir. Eka Daryanto, M. T. IPM., Asean Eng.

Kegiatan ini bertujuan untuk memajukan pendidikan dan memperkuat hubungan antara Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur serta menjalin kerjasama praktik keinsinyuran yang merupakan bagian dari pelaksanaan Pendidikan Profesi Insinyur.

Kerjasama ini dimotori oleh Ketua Prodi PS-PPI Fakultas Teknik Unimed, Dr. Ir. Syafiatun Siregar M. T., IPU., ASEAN Eng , bersama dengan tim dosen pendamping Dr. Wanapri Pangaribuan, M. T., M. M., IPM., ASEAN Eng Dr. Kinanti Wijaya, M. Sc., IPM., ASEAN Eng, Ir. Muhammad Dominique Mendoza M. M., IPM. dan Olnes Yosefa Hutajulu, M. Eng., IPM.

Dekan FT Prof Harun menyampaikan agar apa yang menjadi tujuan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana dan membuahkan hasil kerjasama, lebih terpublikasinya keberadaan PSPPI FT Unimed di Provinsi Sumatera Utara dan peningkatan jumlah mahasiswa PSPPI FT Unimed untuk angkatan-angkatan berikutnya. Kami juga mengharapkan kerjasama antara pemerintah Kabupata Kota dan FT Unimed secara umum dan Pemerintah Kabupaten Kota dengan PSPPI FT Unimed dapat dijalankan, bukan hanya dalam bentuk MoU dan MoA tetapi implementasi kegiatan terutama kerjasama dalam praktik keinsinyuran.

kerjasama ini akan memberikan landasan kuat untuk kolaborasi yang berkelanjutan poin-poin penting dalam MoA mencakup Kesediaan Dinas PU memberikan ruang bagi mahasiswa PSPPI untuk menjalani Praktik Keinsinyuran di instansi mereka, Penyediaan Pembimbing Lapangan yang berkompeten untuk mendampingi mahasiswa selama Praktik Keinsinyuran, Sosialisasi PSPPI kepada seluruh unsur terkait dalam instansi, mencakup manfaat dan tujuan dari program, Pemahaman bersama tentang urgensi Undang-Undang No 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan peran pendidikan Profesi Insinyur, PSPPI bersedia menjadi narasumber dalam proses pengurusan Surat Tanda Registrasi Insinyur, Keterlibatan aktif PSPPI dalam penelitian dan pengembangan yang dibutuhkan oleh Dinas PU.

Kegiatan Kerjasama dan Sosialisasi PSPPI mendapat sambutan baik dari pemerintah kota yang menjadi tujuan yaitu:

  1. Kabupaten Simalungun diterima oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Simalungun Bapak Hotbinson, damanik, S. T., M. T.
  2. Kabupaten Samosir diterima oleh Kepala Bidang Pendidikan Bapak Ir. Hendra Manurung, S. Pd., M. M. IPM.
  3. Kabupaten Humbang Hasundutan diterima oleh Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Bapak Anggiat Simanullang, S. T., M. T.
  4. Kota Padang Sidempuan diterima oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ir. Ruslan Abdul Gani Harahap, S. T., M. M.
  5. Kabupaten Tapanuli Selatan diterima oleh Kepala Bappeda Bapak Chairul Rizal Lubis, S. T., M. T.

Dalam kunjungan kerjasama dan sosialisasi Ka Program Studi Pendidikan Insinyur Dr. Ir. Syafiatun Siregar, S. T., M. T., IPU. Asean Eng menyampaikan kebermanfaatan kegiatan ini diantaranya, Bagi Mahasiswa PSPPI: Mahasiswa dapat mengakses pengalaman praktis yang mendalam dan memperluas wawasan melalui praktik keinsinyuran di lapangan, Bagi Dinas Pekerjaan Umum: Mendapatkan kontribusi berharga dari mahasiswa PSPPI yang dilatih dan kompeten, sekaligus memperkuat koneksi antara pendidikan dan industri, Bagi Pelaku Praktik Keinsinyuran: Dengan melibatkan PSPPI, diharapkan lahirnya sumber daya manusia yang lebih terampil, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah serta sesuai dengan UU No 11 Tahun 2014.

Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan ilmu keinsinyuran dan pelaku praktik keinsinyuran di Sumatera Utara.(Humas Unimed)