Skip links

4 Tim Dosen Unimed Raih PATEN dari Menkumham RI

LPPM Universitas Negeri Medan kembali mendapatkan empat Paten dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI pada Jumat 17 November 2023.

Penyerahan Paten dilakukan di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan pada kegiatan ”Satu Jam Bersama Menkumham” (SJM) untuk berdialog dan mendengarkan aspirasi dari para civitas akademik, pelaku ekraf, komunitas seni budaya, dan kalangan wirausaha di wilayah Sumatera Utara.

Penyerahan sertifikat/surat pencatatan KI diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D., kepada Ketua LPPM Universitas Negeri Medan Dr. Hesti fibriasari, M.Hum. dan Koordinator Pusat Inovasi, Publikasi dan Sentra KI Unimed Dr. Diky Setya Diningrat.

Adapun sertifikat yang memperoleh Paten diantaranya : 1. METODE UNTUK MENGELOLA DATA DAN INFORMASIPORTOFOLIO DOSEN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNIK RETRIEVAL DATA SECARA REALTIME. 2. ESENSIAL KULIT JERUK JUNGGA (Citrus jambhiri) SEBAGAI LOTION UNTUK ANALGETIK ALAMI PADA TERAPI SPORT MASSAGE. 3. KOMPOSISI TAMBAR TINUKTUK YANG MENGANDUNG ANTIOKSIDAN. dan 4. PROSES PEMBUATAN MINYAK ATSIRI DARI AMPAS BIJI KOPI (Coffea sp.).

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd., menyampaikan apresiasinya, “Kami mengucapkan selamat kepada para dosen yang telah meraih paten. Semoga raihan ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan ke depannya”.

“Kami juga berharap agar dengan raihan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi dosen lainnya untuk mengajukan Paten Granted. Diharapkan juga banyak inovasi-inovasi yang muncul dari dosen-dosen kita, dan semakin banyak paten yang dihasilkan. Sehingga pengembangan tri dharma perguruan tinggi semakin meningkat”. Lanjut Rektor.

Ketua LPPM Dr. Hesti juga mengucapkan selamat dan sukses bagi Bpk/Ibu dosen Unimed yang hari ini berhasil meraih PATEN dari Menkumham RI. Capaian prestasi ini sudah melewati beberapa tahapan pengujian dari tim Menkumham dan akhirnya alhamdulillah lolos sampai tahap akhir hingga meraih PATEN. Kami di LPPM akan terus mendorong dosen-dosen Unimed yang setiap tahunnya menerima hibah penelitian dan pengabdian agar produknya dapat diusulkan untuk meraih PATEN. (Humas Unimed/bg).

Leave a comment