Skip links

Seminar Nasional Jurusan Kimia FMIPA, Dorong Optimalisasi Pembelajaran & Riset Bidang Kimia

Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNIMED tahun 2023 menggelar Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Pembelajaran dan Riset Kimia dalam Mendukung Program MBKM untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul”. Melalui Aplikasi Zoom Meeting Kamis (16/11).

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si., dan turut hadir WD 1 Dr. Jamalum Purba, M.Si.,WD II, Dr. Ani Sutiani, M.Si., WD III Dr. Rahmatsyah, M.Si. Ketua Jurusan Kimia, Dr. Ayi Darmana, M.Si. Sekretaris Jurusan Dr. Ahmad Nasir Pulungan, M.Sc. Ketua Prodi Pendidikan Kimia Bapak Dr. Zainuddin Muchtar, M.Si dan Ketua Prodi Kimia Ibu Dr. Techn. Marini Damanik, M.Si., Kepala Laboratorium Kimia Ibu Nora Susanti, S.Si., M.Sc., apt, seluruh fungsionaris dan seluruh dosen Jurusan kimia. Acara Seminar Nasional ini menampilkan sebanyak 245 pemakalah yang berasal dari berbagai Sekolah dan Universitas yang ada di Indonesia.

Kegiatan Seminar ini menghadirkan 4 keynote speaker yaitu Prof. Dr. Ruslin Hadanu, S.Pd., M.Si. (Guru Besar Pendidikan Kimia, Universitas Sembilanbelas November Kolaka), Prof. Dr. Ida Farida Ch, M.Pd. (Guru Besar Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Bambang Sumintono, Ph.D. (Dosen Pendidikan,Universitas Islam Internasional Indonesia) dan Dr. Marham Sitorus, M.Si (Dosen Kimia, Universitas Negeri Medan). Pada Seminar ini juga menghadirkan invited speaker yaitu Dr. Dimas Frananta S, S.Pd., M.Si, M.Sc (Dosen Kimia, Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan), Julia Mardhiya, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pendidikan Kimia, UIN Walisongo Semarang), Dr. Lisnawaty Simatupang, M.Si. (Dosen Kimia, Universitas Negeri Medan) dan Muhammad Wahyudi, M.Pd. (Guru Penggerak Angkatan 7).

Dekan FMIPA Prof.Dr. Fauziyah Harahap,M.Si.,dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sebuah kehormatan. Seminar Nasional Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia FMIPA Unimed merupakan kegiatan rutin tahunan semoga para dosen dan mahasiswa terus termotivasi untuk melakukan kajian-kajian tentang kimia dan terus memberikan energy positif kepada para mahasiswa kita sehingga ada hasil yang baik untuk kemajuan jurusan kimia kedepannya. Kiranya kegiatan seminar nasional ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Seminar Nasional ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai sarana pertukaran informasi optimalisasi pembelajaran dan penelitian kimia terkini yang mendukung program MBKM, serta meningkatkan kerjasama antara para pendidik, peneliti dan praktisi dalam bidang kimia. Kegiatan Seminar Nasional ini diharapkan dapat menjadi forum pertemuan antara pendidik, guru, dosen, mahasiswa dan peneliti dalam bidang kimia dan pendidikan kimia, serta stakeholder lainnya untuk bekerjasama dan sharing terkait dengan optimalisasi pembelajaran dan riset kimia dalam mendukung program MBKM untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Seminar nasional ini telah mengundang pendidik, guru, dosen, peneliti dan mahasiswa dari berbagai instansi di tanah air.

Ida Farida Ch, M.Pd dalam materinya menjelaskan bahwa tujuan dari literari kimia adalah agar peserta didik sebagai warga dunia mampu memahami mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi di sekitarnya dan mengaplikasi pengetahuan kimianya dalam kehidupan sehari-hari serta mampu bertindak atas pemahamanya terhadap fenomena atau masalah lingkungan yang terkait langsung ataupun tidak langsung dengan penggunaan produk-produk kimia, sehingga ikut serta melakukan tindakan menjaga keseimbangandan kelestarian lingkungan. (Humas Unimed/ms)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://simpek-bbgpjabar.kemdikbud.go.id/daftar/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/