Skip links

LPPMP Unimed Gelar Pelatihan dan Sertifikasi SPMI-AMI Kepada 7 Kampus Mitra Unimed

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Medan mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Mutu Internal kepada 7 Kampus mitra yang diselenggarakan pada 17 – 21 Oktober 2023 di Grand Central Premier Hotel Medan. Dengan narasumber Dr. Ir. J.Pramana Gentur Sutopo, M.Sc. (Dosen UGM Yogyakarta), Prof. Dr. Darwin, S.T., M.Pd (Dosen Unimed) dan Dr. Dwi Wahyuni N, S.Si., M.Sc. (Dosen Unimed). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Program Hibah Program studi Terbina Sistem Penjaminan Mutu Internal yang merupakan sumber pendanaan dari Direktorat Belmawa Kemendikbudristek.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Marice, M.Hum. didampingi oleh Sekretaris LPPMP Unimed Dr. Nurkadri, S.Pd., M.Pd. Koordinator Pusat PPSPM Unimed Prof. Dr. Ir. Putri Lynna A. Luthan, M.Sc., dan 21 peserta kegiatan pelatihan dan sertifikasi auditor dari Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia, STKIP An-Nur Naggroe Aceh Darussalam, STMIK Dharmapala Riau, Universitas Islam Kuantan Singingi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin, Institut Kesehatan dan Teknologi Alinsyirah.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Prof. Dr. Marice, M.Hum. menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan suatu hal yang harus dilaksanakan. Luaran penerapan SPMI akan digunakan oleh BAN-PT atau LAM untuk penetapan status dan peringkat terakreditasi program studi.

Selanjutnya, Prof. Marice menjelaskan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam SPMI di Unimed adalah pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), yaitu suatu pemeriksaan (audit) yang sistematis dan independen oleh auditor internal untuk menentukan apakah kegiatan menjaga mutu serta hasilnya telah dilaksanakan secara efektif sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai tujuan dan juga dapat melakukan analisis kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang penyempurnaan. Penyesuaian AMI dengan Matriks Penilaian APT PTA PTN SATKER menerapkan SPMI berbasis Resiko (Risk Based Audit). Ada 5 aspek yang diperhatikan diantaranya Organ/Fungsi SPMI, Dokumen SPMI, Auditor Internal, Hasil Audit, dan Bukti Tindak Lanjut.

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan penjaminan mutu internal sesuai standar yang ditetapkan, maka diperlukan adanya Auditor Internal yang berperan dalam melakukan tujuan pengawasan penyelenggaraan pendidikan. Dalam rangka memenuhi permohonan dari sivitas akademika mitra Unimed dan mewujudkan komitmen Unimed dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan membudayakan berbagi ilmu dan best practice, LPPMP Unimed menyelenggarakan pelatihan SPMI-AMI yang diperlukan Perguruan Tinggi mitra Unimed dalam mewujudkan implementasi SPMI dan budaya mutu berkelanjutan. Semoga para peserta nantinya lulus dalam sertifikasi ini, sehingga dapat melaksanakan auditor internal di kampusnya masing-masing. Capaian yang diharapkan melalui pelatihan ini, mereka punya pemahaman yang baik dan benar tentang SPMI AMI, kemudian dapat melaksanakan tugasnya sebagai auditor dengan baik. Kalau itu bisa berjalan baik, nanti siklus SPMI itu juga berjalan baik yang juga akan berdampak pada peningkatan kualitas mutu kampus masing-masing. (Humas Unimed/eo)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/