Skip links

Tim PKM-RSH Unimed Berikan Policy Brief Pola Asuh kepada Pemerintah Desa Ambarita Kabupaten Samosir

Tim PKM-RSH Universitas Negeri Medan menyerahkan Policy Brief Pola Asuh kepada Pemerintah Desa Ambarita Kabupaten Samosir pada hari Jumat 6 Oktober 2023. Penyerahan rekomendasi kebijakan di dampingi oleh dosen Pembimbing Artha Mahindra Diputera, M.Pd. dan diterima langsung kepada Kepala Desa Ambarita bapak Oberlin C.B Sitio.

Ketua Tim Peneliti Annisa Wilda (PGPAUD) dengan beranggotakan Herlina Deborah Victoria Br Purba  (PGPAUD), Ribka Julianta Br Sinuraya (PGPAUD), Permata Sari Br Siregar (PGSD) dan  Hani Eklesia Sidauruk (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan yang mengangkat tema “Mendidik dengan memukul : Mengkaji pola asuh authoritarian pada suku Batak Toba di daerah Samosir”

Etnis Batak Toba dianggap cenderung dinilai sebagai pribadi yang kasar dan keras, dan juga otoriter dalam mengasuh anak untuk memenuhi harapan orang tua agar anaknya bisa melakukan sesuai dengan yang diharapkan mereka. Hal tersebut dapat diketahui lebih dalam dari segi kebudayaan yang berkembang pada masyarakat Batak maupun dari pola asuh yang sejak turun-temurun telah menjadi warisan luhur. Pola asuh menjadi bagian penting dalam proses perkembangan manusia, sebab dari pola asuh tersebut seseorang dapat mengetahui karakter dari masing-masing manusia. Pola asuh yang diberikan oleh keluarga, erat kaitannya dengan sikap dan tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang. Setiap suku yang ada di Indonesia mempunyai adat dan kebiasaan yang berbeda, sehingga memunculkan beragam tata asuh yang berbeda.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sebesar 15% orang tua menggunakan pola asuh Autoritarian yang dimana dalam pola asuh ini orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anak untuk bertindak ataupun membuat keputusan sendiri, serta memukul dan mencubit anak jika anak melakukan kesalahan.

Rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Desa supaya dapat memberikan pendampingan berupa kegiatan sosialisasi yang dimana dalam kegiatan ini dapat berisi penyuluhan mengenai pola asuh yang baik untuk diterapkan bagi anak.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/