Skip links

PG PAUD FIP UNIMED dan APG PAUD Indonesia sukses menyelenggarakan Konferensi Pendidikan Anak Usia Dini

PG PAUD FIP Unimed sukses menyelenggarakan kegiatan tahunan APG PAUD Indonesia yang bertajuk Konferensi Pendidikan Anak Usia Dini yang ke-13 di hotel Karibia, Medan, Sumatera Utara Pada tanggal 7 sampai 9 September 2023. Kegiatan konferensi ini dihadiri oleh Dosen Program Studi PG PAUD dari sabang sampai merauke, mulai dari perwakilan Universitas Syiah Kuala di Aceh sampai dengan perwakilan Universitas Musamus Merauke di Papua. Selain itu, kegiatan konferensi PAUD ke-13 ini juga dihadiri oleh hampir seluruh perguruan tinggi yang ada di setiap provinsi di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Total peserta yang mengikuti acara yang berlangsung selama 3 hari ini adalah 130 Dosen dari jenjang sarjana, magister, dan doktor yang berasal dari Prodi PG PAUD.

Kegiatan konferensi ini diawali dengan Pembukaan oleh Dekan FIP Unimed, Prof. Dr. Yusnadi, M.S. bersama dengan ketua umum APG PAUD Indonesia, Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutan dengan laporan sekretaris jendral APG PAUD Indonesia yaitu Prof. Dr. Rachma Hasibuan yang sangat bangga terhadap konsep penyelenggaraan kegiatan konferensi di kota Medan tersebut. Menurutnya, PG PAUD FIP Unimed telah berhasil membuat kegiatan yang sangat spektakuler dalam tempo yang kurang dari satu bulan. Hal ini juga dibenarkan oleh salah seorang peserta dari Universitas Negeri Jakarta, Dr. Hapidin, M.Pd. yang sangat terkesan dengan pelayanan dan penyelenggaran kegiatan.

Tiga kegiatan utama dalam konferensi ini meliputi seminar nasional, paralel session, dan rapat koordinasi nasional yang fokus pada Body of Knowledge jenjang Sarjana maupun Pascasarjana, Keahlian Tambahan Lulusan PG PAUD dan kualitas internasional, Standar Laboratorium PAUD, Lamdik dan Akreditasi Internasional, serta Rancangan Program APG dan Penyegaran Pengurus. Salah satu dosen dan sekaligus Ka Prodi PG PAUD FIP Unimed, Suri Handayani Damanik, S.Pd., M.Pd., menjadi narasumber materi Peran Laboratorium pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam seminar nasional pada kegiatan konferensi tersebut.

Hasil konferensi ini antara lain adalah diperolehnya draf BoK PAUD yang diharapkan dimantapkan dan dituangkan ke dalam kurikulum PS PGPAUD/PIAUD dalam pertemuan ilmiah APGPAUD Indonesia agar PS PGPAUD/PIAUD bisa berskala Internasional. Selain itu, disebutkan bahwa Pertemuan APGPAUD Indonesia serupa untuk tahun 2024 akan dilaksanakan di kota Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Humas Unimed/eo)