Skip links

Dosen Bahasa Perancis FBS UNIMED Tingkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Aplikasi Augmented Reality

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Perancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan melakukan Pengabdian kepada Masyarakat dengan memberikan pendampingan pemanfaatan aplikasi augmented reality kepada guru-guru yang tergabung dalam forum MGMP Bahasa Perancis Sumatera Utara dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa siswa.

Kegiatan PKM ini diketua oleh Dr. Isda Pramuniati, M.Hum didampingi anggotanya Dr. Tengku Ratna Soraya, S.Pd., M.Pd., Ria Fuji Destiara, M.Pd. serta Dr. Rabiah Adawi, S.Pd., M.Hum..

Para dosen yang tergabung dalam tim PkM yang didanai oleh Hibah Pengabdian  LPPM melaksanakan kegiatan ini berdasarkan pemetaan hasil analisis permasalahan yang dilakukan pada hari rabu 05 Juli 2023 melalui wawancara terhadap perwakilan MGMP Bahasa Perancis Sumut.

 

Ketua Tim Dr. Isda Pramuniati mengatakan “Dalam wawancara tersebut terekam bahwa  kecenderungan  pengajar Bahasa Perancis dalam mempresentasikan proses pembelajarannya menggunakan  bahan ajar cetak yakni  J’adore le Francais yang disusun oleh tim guru, masih kurang sesuai dengan kebutuhan kurikulum yang diterapkan untuk pengayaan kompetensi berbahasa siswa. Konsep penyusunan bahan ajarnya juga belum diarahkan pada penerapan Kurikulum Merdeka. Padahal berdasarkan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah diamanatkan kepada guru untuk mampu menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,” .

Lebih lanjut Ketua Tim tersebut juga mengemukakan bahwa interaksi yang dibangun dalam proses PBM masih kurang interaktif dikarenakan  kompetensi guru dalam mengelaborasi pengembangan bahan ajar dengan pemanfaatan digital masih belum komprehensif dimaksimalkan khususnya dalam perancangan media berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa. Begitu juga pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dalam pemanfaatan aplikasi digital yang dapat diintegrasikan dalam bahan ajar juga belum diberdayakan secara massif, meskipun media Canva, Flippe HTML5, dan Moodle dapat menjadi alternative  dalam mengajarkan Bahasa Prancis yang menarik minat siswa.

Oleh karena itu melalui kegiatan PkM ini, tim dosen prodi Bahasa Perancis FBS UNIMED memberikan pendampingan pemanfaatan aplikasi augmented reality agar para guru-guru dapat memanfaatkan aplikasi digital dalam merancang dan mengelaborasi proses pembelajarannya.

“Tuntutan pembelajaran yang literate, berkarakter, keterampilan untuk kritis, kolaboratif, komunikatif, kreatif, serta kemampuan teknologi informatika diusahakan guru dalam strategi pengelolaan kelas. Oleh karena itu, guru harus mampu mengaplikasikan komputer dan internet dalam implementasi bahan ajar berbasis digital,” Ujar Dr. Isda selaku ketua tim.

Salah satu cara dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa adalah dengan memanfaatkan aplikasi augmented reality yang merupakan hasil penelitian dan sudah dapat diakses pada Website Qoui de Neuf.

Pendampingan ini dilakukan Tim PKM pada hari Rabu 12 Juli 2023, ini merupakan solusi yang diberikan Tim PKM yang diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sehingga dapat menciptakan latihan kebahasaan melalui permainan aplikasi yang dapat menjadi pemantik siswa agar lebih betah dan nyaman dalam mempelajari Bahasa Perancis secara virtual.

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://simpek-bbgpjabar.kemdikbud.go.id/daftar/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/