Skip links

Dosen FIK Beri Pelatihan Ibu PKK Desa Pertambatan Senam Kreasi Sumatera Utara  

Bugar sepanjang usia adalah impian setiap manusia, ada banyak cara yang dilakukan setiap manusia untuk mencapai kebugaran yang prima. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh manusia untuk memperoleh kebugaran yang prima adalah dengan berolahraga dengan teratur. Menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang untuk bisa bugar sepanjang usia. Bnayak penyakit degenerative yang diakibatkan oleh bertambahnya usia dan kurangnya aktifitas fisik, menjadi masalah besar bagi orang dewasa.

Obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan kolesterol tinggi merupakan penyakit penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa saat ini. Untuk menghindari hal tersebut ibu PKK Desa Pertambatan melakukan senam kreasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran dan menghindarkan penyakit degeneratif. Dengan usia yang sudah lanjut aktifitas olahraga yang tepat adalah dengan melakukan olahraga senam irama, yang mudah untuk dilakukan serta menyenangkan. Hasil observasi yang telah dilakukan oleh tim pengabdian FIK Unimed, didapati kegiatan senam Ibu Ibu PKK di Desa Pertambatan Kecamatan Dolok Masihul dilakukan tanpa ada instruktur yang dapat membimbing dan mengarahkan, agar senam yang dilakukan tepat sasaran untuk menjaga kebugaran  tubuh.

Ibu ibu PKK juga belum memahami secara baik bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh di usia lanjut, menyeimbangkan pola makan dan aktifitas fisik secara baik. Tim pengabdi yang terdiri dari Bapak Agus Salim Samosir, S.Si, M.Or, sebagai ketua dan Bapak Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, dr. Marsal Rispandi M.Biomed, dan Bapak Raswin, S.Pd, M.Pd sebagai anggota tim kemudian berinisiatif untuk membantu ibu PKK Desa Pertambatan untuk dapat menjaga kebugaran tubuhnya dengan melakukan kegiatan pelatihan senam Kreasi Sumatera Utara, dan dipadukan dengan memberikan wawasan tetang pola hidup sehat di usia lanjut. Kegiatan pengabdian  ini merupakan program tetap yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Medan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) setiap tahun.

Kegiatan pelatihan senam etnik Sumatera Utara ini dilaksanakan pada tanggal 17  Juli 2023 bertempat di balai Aula Pertemuan Kantor Desa Pertambatan Dalam  sambutannya Bapak  Agus Salim Samosir, S.Si, M.Or., selaku ketua tim menyampaikan bahwa kegiatan ini diawali dengan survey lokasi untuk melihat secara langsung permasalahan yang ada dalam kegiatan Ibu PKK Desa Pertambatan, kegiatan survey ini langsung bertemu dengan Ibu Juniarti, yang merupakan Ketua PKK Desa Pertambatan. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan praktek langsung kegiatan senam kreasi Sumatera Utara, senam ini dipilih oleh tim pengabdi karena dari sisi musik dan gerakan senamnya mengadopsi musik etnik Sumatera Utara dan gerakan tari khas Sumatera Utara, dengan ritme musik yang mudah diikuti oleh Ibu PKK. Selanjutnya kegiatan ini dalam bentuk pendampingan senam bagi Ibu PKK dan penyerahan sound system portable yang dapat digunakan untuk kegiatan senam Ibu PKK.

Dalam sambutannya Kepala Desa Pertambatan Bapak Sumarno Sidabutar, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim pengandian Universitas Negeri Medan, dan bangga bahwa Desa yang dipimpinya kembali mendapatkan perhatian dari pihak pimpinan Universitas. Yang sebelumnya ada kegiatan pembinaan komunitas olahraga  pada tahun lalu yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Unimed. Beliau sangat berterimakasih kepada bapak Rektor Universitas Negeri Medan yang telah menjadikan Desanya menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Dan berharap permasalahan pembangunan di Desanya dapat dibantu oleh pihak Universitas Negeri Medan. Dalam kesempatan tersebut beliau juga berpesan kepada Ibu PKK untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan  dengan serius ilmu dan pengalaman tim pengabdi dapat bermanfaat.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/