Skip links

Dosen Unimed Memberikan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Mesin Pencacah Pakan Ternak di Desa Sidodadi

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat peternak di Desa Sidodadi Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan tersebut adalah pendampingan peningkatan ekonomi keluarga peternak melalui pelatihan pemanfaatan mesin pencacah pakan ternak. Kegiatan ini berlangsung pada 1 Juli 2023 .

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membimbing peternak dalam menggunakan mesin pencacah pakan ternak serta melakukan perawatan terhadap mesin agar tidak cepat rusak. Mesin pencacah pakan ternak sangat bermanfaat bagi peternak karena dapat menyediakan pakan yang berukuran kecil dan homogen sehingga ketika diberikan kepada ternak tidak ada pakan yang tersisa (tidak dimakan karena ukuran terlalu besar). Dengan tersedianya mesin ini diharapkan dapat meningkatkan bobot ternak sehingga daya jual menjadi lebih tinggi.

Kegiatan ini diinisisasi oleh Tim PKM Dosen UNIMED yang beranggotakan dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi yaitu Aswarina Nasution, M.Pd, dan Dina Handayani, S.Pd., M.Si, serta dosen Prodi Biologi yaitu Ahmad Shafwan Pulungan, S.Pd., M.Si dan Khairiza Lubis, M,Sc, P.hD. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber ahli mesin yaitu bapak Muhammad Fauzi, ST yang membimbing peternak dalam menggunakan mesin pencacah pakan ternak.

Selain pelatihan pemanfaatan mesin pencacah pakan ternak, tim PKM juga melakukan penyerahan alat mesin pencacah pakan ternak serta minyak solar sebanyak 15 liter.  Penyerahan dilakukan oleh ketua tim PKM, Aswarina Nasution, M,Pd kepada peternak diwakili oleh Bapak Suyono.

Kegiatan ini disambut positif oleh peternak. Mereka berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini tetapi dapat terus berlanjut sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/