Skip links

Dosen PJKR FIK Unimed Berikan Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Case Method Dan Tim Based Project MGMP PJOK SMP Kota Medan

Dosen Prodi PJKR Fakultas Ilmu Keolagragaan (FIK) Universitas Negeri Medan (Unimed) memberikan pendampingan dan pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Case Method Dan Tim Based Project pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Medan.

Pendampingan dan pelatihan dibimbing langsung oleh Ketua Tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dr. Suryadi Damanik, M.Kes, didampingi Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Or, dan Usman Nasution, S.Pd., M.Pd. Ketiganya merupakan dosen pada Prodi PJKR FIK UNIMED.

Ketua Tim PKM Dr. Suryadi Damanik, M.Kes mengatakan, MGMP  PJOK tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Medan yang turut dalam pelatihan pengembangan pembelajaran Berbasis Case Method Dan Tim Based Project memiliki semangat yang kuat dalam memperhatikan proses pendidikan menuju masyarakat modern, mempersiapkan generasi masa depan dalam menghadapi tantangan zaman yang kompetitif.

“PJOK merupakan mata pelajaran yang menjadikan aktivitas jasmani sebagai cara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Proses untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan metode yang tepat, salah satunya Case method (metode kasus) merupakan metode pembelajaran yang berbasis masalah, yang bertujuan agar proses pembelajaran lebih konkrit, dan dapat memgembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, inovatif dan memecahkan masalah. Serta Tim Based Project (TBP) adalah metode pembelajaran berbasis projek yang diawalai dari masalah. Melalui TBP siswa dituntut untuk mengerjakan proyek nyata melalui proses eksplorasi, analisi, sintesis, penilaian, investigasi dan kolaborasi untuk menghasilkan karya nyata. Pembelajaran dengan TBP akan dapat mengembangkan pembelajaran yang aktif (active learning) serta mengembangkan kemamapuan, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan inovatif pada siswa,” Kata Suryadi Damanik, Jumat (15/7/2022).

Sementara itu, Dr. Ibrahim, M.Or. mengatakan, keberadaan guru-guru PJOK menjadi sangat penting khususnya dalam membantu menyelenggarakan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Sebab, sekolah merupakan salah satu unit yang menyediakan lingkungan belajar yang kondusif bagi setiap peserta didiknya,” ungkapnya. Dia mengatakan, dengan menguasai pengembangan pembelajaran Berbasis Case Method Dan Tim Based Project proses pembelajaran akan berjalan dengan baik, melibatkan peserta didik secara aktif, demokratis, mendidik, mendorong kreativitas, dialogis dalam menghadapi tantangan zaman.

Usman Nasution, S.Pd., M.Pd, menambahkan bahwa pengembangan pembelajaran Berbasis Case Method Dan Tim Based Project membantu guru dalam mempersiapkan diri terkait dengan kurikulum merdeka belajar.

“Melihat peran strategis dari keberadaan guru-guru PJOK tersebut, LPPM UNIMED melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui Pendampingan  Pengembangan Pembelajaran  Berbasis Case Method Dan Tim Based Project Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Kota Medan pada Jumat dan Sabtu (15 – 16/7/2022) lalu,” ujarnya.

Latif, salah seorang diantara guru PJOK, berharap melalui kegiatan pendampingan ini pihaknya mampu menambah pengetahuan dan keterampilan pada guru-guru PJOK yang menjadi anggota MGMP PJOK SMP Kota Medan.

Latif, juga mengucapkan terimakasih atas pendampingan yang telah dilaksanakan. “Kami tentunya berharap program kemitraan masyarakat ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berdampak pada guru dan peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Medan,” bebernya.

Sebagai tindak lanjut mewujudkan tujuan PKM tersebut dilakukan pendampingan sebanyak tiga kali secara daring. Hal ini senada dengan komitmen LPPM Unimed untuk memberikan langkah nyata bagi perkembangan pemberdayaan masyarakat khususnya pada peningkatan kompetensi guru-guru PJOK SMP khususnya Kota Medan.

Melalui pembinaan yang dilakukan oleh dosen Prodi PJKR FIK Unimed terhadap guru-guru MGMP telah ikut berperan serta mewujudkan visi Unimed unggul di bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya yang telah ditetapkan oleh Rektor Universitas Negeri Medan. (Humas Unimed)

 

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/