Skip links

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan. Prodi Pendidikan Bahasan Inggris merupakan bagian dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Prodi Pendididikan Bahasa Inggris mempunyai sasaran untuk  menghasilkan lulusan yang Berkarakter, Kompetitif,  Inovatif dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris membekali mahasiswa pendidikan yang kreatif dan inovatif berbasis budaya lokal sehingga dapat menjadi lulusan berinovasi yang dapat menerapkan kajian antar disiplin berdaya saing dalam bahasa Inggris secara digital sehingga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dalam pembelajaran dan pengembangan bahasa Inggris.

Akreditasi
Ketua Program Studi

Yeni Erlita S.Pd., M.Hum.

Gelar dan Strata

S.Pd. (Sarjana Pendidikan)

Jumlah SKS

144 SKS

“Menjadi pusat pengembangan keilmuan pendidikan Bahasa Inggris yang inovatif, berkarakter, dan berakar kuat pada nilai-nilai budaya Sumatera Utara serta berdaya saing global.”.

  1. Memberikan layanan pendidikan bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif kepada mahasiswa berbasis budaya lokal;
  2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan berinovasi;
  3. Menerapkan kajian antar disiplin berdaya saing dalam bahasa Inggris secara digital;
  4. Melaksanakan penelitian dan karya ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris;
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia;
  6. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pada tingkat nasional dan internasional dalam pengembangan bahasa Inggris.
  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu dan profesional di bidang pendidikan Bahasa Inggris;
  2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang mendukung kelancaran kegiatan akademik dan non akademik guna memberikan jaminan pelayanan prima, kinerja yang optimal dari seluruh dosen, staf dan mahasiswa;
  3. Menerapkan kajian antar disiplin ilmu dalam bahasa Inggris secara digital dan merujuk pada budaya Sumatera Utara;
  4. Menghasilkan penelitian, karya ilmiah dan kajian – kajian inovatif yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan paradigma baru bidang pendidikan dan pengajaran untuk keefektifan dan keefisienan pembelajaran bahasa Inggris yang dibutuhkan masyarakat;
  5. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia;
  6. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai instansi pada tingkat nasional dan internasional dalam pengembangan bahasa Inggris.

Profil Lulusan ;

  1. Pendidik/Pengajar bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris
  2. Peneliti muda bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris
  3. Wirausahawan bidang bahasa, sastra, dan Pendidikan Bahasa Inggris

Standar Kompetensi Lulusan :

    1. Menguasai filsafat ilmu.
    2. Menguasai teori-teori pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    3. Menguasai kebijakan pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    4. Menguasai metodologi penelitian dengan pendekatan multi atau interdisiplin bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    5. Menguasai teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Inggris.
    6. Mampu mengembangkan teori pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    7. Mampu melaksanakan penelitian dengan menerapkan pendekatan inter atau multidisipliner bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    8. Mampu memublikasikan karya ilmiah bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris pada prosiding seminar nasional/internasional atau jurnal nasional terakreditasi/internasional.
    9. Mampu mengembangkan wirausaha bidang bahasa, sastra, dan Pendidikan Bahasa Inggris.
    10. Mampu menciptakan calon dosen, calon guru, dan praktisi yang mampu melaksanakan pembelajaran atau pelatihan secara profesional dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
    11. Peneliti yang mampu menghasilkan karya inovatif berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan di prosiding nasional/internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.
    12. Mengembangkan dan mengaplikasikan media Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran/pelatihan Bahasa dan Sastra Inggris untuk mendukung bidang keahlian.

Profil Lulusan ;

  1. Pendidik/Pengajar bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris
  2. Peneliti muda bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris
  3. Wirausahawan bidang bahasa, sastra, dan Pendidikan Bahasa Inggris

Standar Kompetensi Lulusan :

    1. Menguasai filsafat ilmu.
    2. Menguasai teori-teori pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    3. Menguasai kebijakan pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    4. Menguasai metodologi penelitian dengan pendekatan multi atau interdisiplin bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    5. Menguasai teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Inggris.
    6. Mampu mengembangkan teori pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    7. Mampu melaksanakan penelitian dengan menerapkan pendekatan inter atau multidisipliner bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
    8. Mampu memublikasikan karya ilmiah bidang pendidikan bahasa dan sastra Inggris pada prosiding seminar nasional/internasional atau jurnal nasional terakreditasi/internasional.
    9. Mampu mengembangkan wirausaha bidang bahasa, sastra, dan Pendidikan Bahasa Inggris.
    10. Mampu menciptakan calon dosen, calon guru, dan praktisi yang mampu melaksanakan pembelajaran atau pelatihan secara profesional dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
    11. Peneliti yang mampu menghasilkan karya inovatif berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan di prosiding nasional/internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.
    12. Mengembangkan dan mengaplikasikan media Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran/pelatihan Bahasa dan Sastra Inggris untuk mendukung bidang keahlian.

Universitas Negeri Medan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang didasarkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa atau keluarganya. Konsep UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekonomi. Sehingga biaya mahasiswa lebih mudah dan terjangkau.

Biaya Pendidikan
No. Nama Mata Kuliah SKS Semester
 A. Mata Kuliah Universitas
1. Kepemimpinan 2 1
2. Pendidikan Agama Islam  

 

2

 

 

3

Pendidikan Agama Katholik
Pendidikan Agama Kristen Protestan
Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Agama Buddha
Pendidikan Agama Konghucu
3. Pendidikan Kewarganegaraan 2 3
4. Ilmu Alamiah Dasar 2 3
5. Pendidikan Pancasila 2 4
6. Pendidikan Bahasa Indonesia 2 4
7. KKN 3 7
  B. Mata Kuliah Dasar Kependidikan
1 Filsafat Pendidikan 2 1
2 Perkembangan Peserta Didik 2 1
3 Psikologi Pendidikan 3 2
4 Profesi Kependidikan 3 2
C. Mata Kuliah Fakultas
1. Semiotika 2 4
2. Seni Budaya dan Pariwisata Sumatera Utara 2 3
C. Mata Kuliah Program Studi
1 Receptive Oral Language Skills 4 1
2 Receptive Written Language Skills 4 1
3 Web-based Language Learning 2 1
4 English Grammar 2 1
5 Pronunciation 2 2
6 Productive Oral Language Skills 4 2
7 Productive Written Language Skills 4 2
8 Language Studies 4 2
9 Curriculum and Syllabus Analysis Development 3 3
10 Academic Oral Language Skills 3 3
11 Academic Written Language Skills 3 3
12 Systemic Functional Grammar 4 3
13 Basic Coding 2 3
14 English Language Assessment and Evaluation 3 4
15 Translation in Language Teaching 2 4
16 Technology in ELT 2 4
17 English Culture in ELT 2 4
18 Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 1 4
19 TEFL 4 4
20 Web-based English Teaching Material 2 4
21 Industry-based Hospitality 3 5
22 Literature in ELT 2 5
23 Classroom Discourse Analysis 3 5
24 Micro Teaching 2 5
25 Seminar on ELT 4 5
26 Digital Literacy 2 5
27 21st Century Education 2 5
28 Digital Educational Content Creator 2 5
29 English for Young Learners 2 5
30 Translation as Profession 2 5
31 Interpretation 2 5
32 Edupreneurship 2 6
33 Statistics 2 6
34 Management of English-Based Institution 2 6
35 Research Methodology 4 6
36 Standardized English Proficiency Test 2 6
37 Critical Thinking for Official English Language Test 2 6
38 Scientific Writing 4 6
39 Current Issues in English Language Teaching 2 6
40 Creativity and Innovation in ESP 2 6
41 Arts and Ethics in Language Teaching 2 6
42 Creative Arts in English Teaching 2 6
43 ESP Course Design 2 6
44 Psycholinguistics 2 6
45 PLP 2 3 7
46 Sarjana Thesis in ELT 6 8
Total SKS 144
NO NAMA
1 Dr. Isli Iriani Indiah Br. Pane, S.Pd., M.Hum.
2 Rafika Dewi Nasution, S.Pd., M.Hum.
3 Mahmud Layan Hutasuhut, S.Pd., M.Hum., Ph.D.
4 M. Eko Isdianto, S.Pd., M.Hum.
5 Dr. Neni Afrida Sari Harahap, S.Pd., M.Hum
6 Rita Suswati, S.Pd., M.Hum.
7 Tiarnita Maria Sarjani Br. Siregar, S.Pd., M.Hum.
8 Dr. Safrida Lubis, S.Pd., M.Hum.
9 Dr. Rika, S.Pd., M.Hum.
10 Yeni Erlita S.Pd., M.Hum.
11 Nora Ronita Dewi, S.Pd., S.S., M.Hum.
12 Anggraini Thesisia Saragih, S.Pd., M.Hum.
13 Dr. Fahri Haswani, S.Pd., M.Hum.
14 Puan Suri Mira Annisa, S.Pd., M.Hum.
15 Ade Aini Nuran, S.Pd., M.Hum.
16 Farida Hanim Saragih, S.Pd., M.Hum.
17 Ariatna, S.S., M.A., Ph.D.
18 Indra Hartoyo, S.Pd., M.Hum.
19 Johannes Jefria Gultom, S.Pd., M.Hum.
20 Maya Oktora, S.Pd., M.Hum.
21 Marisi Debora, S.Pd., M.Hum.
22 Bahagia Saragih, S.Pd., M.Hum.
23 Khairunnisa Br. Batubara, S.Pd., M.Hum.
24 Christine Helena Natalia, S.Pd., M.Hum.
25 Barli Kifli, S.Pd., M.Hum.
26 Hawai Apriani Br Ginting, S.Pd., M.Si.
27 Yuni Khairina, S.Pd., M.Hum.
28 Fitri Ayu S.Pd., M.Hum.