Prof. Dr. Edi Syahputra, M.Pd
Profesor di bidang Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed ini lahir di Medan, 21 Januari 1957. Dr. Edi Syahputra, M.Pd menempuh Pendidikan S1 di Jurusan Matematika Universitas Sumatera Utara (1988), dan menempuh S2 di Jurusan Pendidikan Matematika di IKIP Surabaya (1998) dan melanjutkan Pendidikan S3 pada Jurusan Pendidikan Matematika di UPI Bandung (2011).
Pengalaman dalam penetian diantaranya Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengkonstruksi Berpikir Tingkat Tinggi di SMA/MA (2014), Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengkonstruksi Berpikir Tingkat Tinggi di SMA/MA (2015), dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbantuan Program Cabri-3D untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pendekatan PMRI (2011).
Pengalaman dalam Pengabdian Kepada Masyarakat diantaranya Dosen pembimbing lapangan PPL di SMP Negeri 3 Stabat, Kab. Langkat (2015), Menatar Guru Matematika SMP/SMA sekota Tanjung Balai (2014), Koordinator Pengawas Satuan Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Selatan (2014) dan Instruktur Pelatihan Pemanfaatan Power Point Bagi MTs Sekota Medan (2014).
Pengalaman dalam penulisan Arikel Ilmiah dalam Jurnal antara lain dengan judul Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik pada jurnal Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Terakreditasi Dikti (2013), Increasing of Students’ Achievement in Polynomial by Using Jigsaw Method (2014), The Development of Problem Based Learning Model to Construct High Order Thinking Skill Students’ on Matematical Learning in SMA/MA pada Journal of Education and Practice (2014), Kemampuan Persepsi Ruang dan Hubungannya dengan Usia Sekolah Siswa (2012), Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung pada Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Jurnal Pendidikan Matematika, Paradikma (2013), Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosional Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write pada Jurnal Tabularasa (2013) dan Analisis Optimalisasi Portofolio Saham Syariah Model Indeks Tunggal dengan Pendekatan Lagrangean Multiplier (2015).
Selain itu, ia juga berpengalaman dalam penyampaian makalah secara oral pada pertemuan dan seminar ilmiah antara lain dengan judul Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Matematika pada Seminar Nasional (2013), Combinatorial Thinking (Analisis Kesulitan Siswa dan Contoh Alternatif Model Matematika) pada Seminar Nasional (2015), Improving Spatial Ability and Mathematical Disposition of SMP Students’ with PMRI Approach to Learning Geometry Using Computer pada International Seminar Educational Comparative in Curriculum for Active Learning Between Indonesia and Malaysia (2011), dan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengkonstruksi Berpikir Tingkat Tinggi di kelas 11 SMA/MA pada Seminar Nasional (2015).
Buku yang telah ditulis di Bidang Matematika dan Pendidikan antara lain Statistika Matematik (2013), Penggunaan Program Aktivinspire dalam Pembelajaran (2014), Program Linier (2015), Statistika Terapan untuk Quasi dan Pure Experiment (2016).